Rabu, 28 September 2011

grebeg syawal 1432 hijriyah

Agustus tanggal 31 agustus 2011 saya bersama beberapa teman saya datang ke sebuah acara tahunan yang helat oleh keraton yogyakarta. Acara yang Sakral ini biasa disebut Grebeg. Grebeg sendiri merupakan sebuah simbol ucapan rasa syukur kepada yang Maha kuasa. Untuk Grebek yang saya hadiri ini merupakan grebeg yang hanya dihelat setelah adanya hari raya idul fitri, kebetulan hari itu merupakan hari raya idul fitri 1432 hijriah.

Grebeg yang dihelat ini merupakan grebek kedua di tahun 2011 ini. Sebelumnya kraton Yogyakarta telah menyelenggarakan grebeg maulud yang di helat untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Grebeg Syawal tahun ini diselenggarakan tepat sehari setelah hari raya idul fitri. Jam 9.00 WIB sudah terlihat adanya arak-arakan prajurit-prajurit keraton, arak- arakan ini dipersiapkan untuk menjaga gunungan yang akan diusung ke masjid Gede Kauman untuk didoakan dan akhirnya dibagikan ke masyarakat sebagai berkat.Grebeg yang selalu dihelat oleh keraton Yogyakarta ini semakin memperlihatkan keistimewaan dari Yogyakarta



3 komentar:

  1. oke. ham fotomu2 keseluruhan cukup menggambarkan suasana grebegan.
    tapi kok malah main fotonya gak kelihatan nendang ya?
    sebagai orang yg emang ada dan liat langsung acaranya disana, aku bisa tau kalo tiga orang yang berdesakan diatas itu lagi rebutan gunungan.
    nah klo yg gak ada disana? mana dia tau klo itu lagi rebutan gunungan. lah gunungannya aja gak kelihatan? yg ada cuma org2 yg berdesak2an.
    jadi menurutku gambarnya kurang bisa ngomong klo itu lagi rebutan gunungan, krn ga ada gunungannya. angle nya kurang lebar lagi.

    klo dari sisi teks, tulisanmu masih banyak pengulangan kata dan nggak efektif.
    contohnya ni ya "Grebeg yang dihelat ini merupakan grebek kedua di tahun 2011 ini." kenapa ada 2 kata Grebeg dan 2 kata ini?
    misal, "Grebeg yang dihelat pada kali ini merupakan yang kedua di tahun 2011". kayanya lebih enak.

    IMHO and CMIIW

    BalasHapus
  2. bagus ham...
    smpk skrg blom bisa komentar ttg foto.msh awam bgd...hihihih
    yang pnting smngat...

    BalasHapus
  3. mungkin akan membantu menambah informasi kalo tiap foto dikasi caption hehehe

    BalasHapus