Selasa, 21 September 2010

dukun alas kaki



pak mur begitu dipanggilnya, ia adalah seorang tukang sol sepatu di daerah jalan diponegoro, tepatnya di sebelah SMA BOPKRI 2. Ia telah membuka lapak sol sepatu tersebut 20 tahun silam, Bapak yang bernama lengkap Murjiyanto ini bisa memperbaiki sepatu hanya dengan waktu 5-10 menit saja tergantung tingkat kerusakan. Keterampilannya tersebut diperoleh dari orang tuanya yang juga berprofesi sebagi tukang sol sepatu.



pakmur ini setiap berangkat kerja dia selalu memakai sepeda yang di anggap dia sebagai kendaraan yang berharga. ketika saya tanya kenapa gak pake motor aja, yang dijawab " ya saya gakmau ninggalain sepeda sejarah ini mas, dari pertama kali saya kerja ya pakai ini.kasian kalo gak dipake biar udah jelek yang penting ini udah bisa ngasih saya sama keluarga makan "
rumah pak mur pun gak jauh-jauh juga dari sekitaran daerah disana, cuma di daerah sagan.disana dia tinggal sama 3 anak dan 1 istri tercintanya.
salah satu anaknya pun sekarang sudah hampir menikah.menurut curcolnya anaknya yang paling besar itu dulu pernah ditawari kuliah gratis karena punya prestasi yang kayaknya emang tinggi.tapi mungkin karena emang pikirannya harus ngebantu orang tua jadi dia lebih milih langsung kerja dibanding harus kuliah.








well, cuma itu aja sih cerita yang bisa aku dapet dari pak mur ini.kalo anda anda mau wawancara sendiri lgsg aja ke jalan solo depan rs betesda disana tiap hari kalo gak lagi rame pesenan pak mur selalu siap siaga menyulap sepatu ataupun sandal mu menjadi seperti semula.murah juga kok harga tiap benerinnya cuma 5 ribu sampek 100rb.kalo yang seratus ribu itu katanya kusus buat sepatu sepatu yang bermerk yang bahan tambal atau bahan ganti solnya harus diimpor lngsg dari negeri cibaduyut.hahaha


2 komentar: